Erupsi Gunung Anak Krakatau Jadi Tsunami di Wilayah Selat Sunda

Tsunami besar telah meratakan daerah Lampung Selatan dan Banten pada Sabtu (12/22/2018).  Erupsi dari Gunung Anak Krakatau menyebabkan pembentukan gelombang yang tinggi di Wilayah Selat Sunda. Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau menghasilkan longsoran sebesar 64 hektar arah barat daya hingga barat. Sehingga, Lampung Selatan dan Banten menjadi daerah yang merasakan dampak dari tsunami.

Video ilustrasi ini dapat menjelaskan proses terjadi tsunami Anak Krakatau.

KONDISI TERKINI

BMKG menjelaskan melalui akun twitter “Berdasarkan pengamatan radar dan satelit pukul 22:00 WIB terlihat ada pola sebaran debu vulkanik dengan arah pergerakan menuju Barat Daya – Barat. Dari “Cross Section” menunjukkan ketinggian debu vulkanik mencapai ketinggian lebih dari 12km di atas permukaan laut” (12/27/2018).

Gunung Anak Krakatau kini berada pada status level II atau waspada, pihak BMKG menghimbau untuk tidak melakukan aktivitas radius 2 km.

ALAT PENDETEKSI GELOMBANG

Memprediksi tsunami dapat menggunakan instrumen salah satunya tide gauge. “Alat pencatat gelombang atau tide gauge BMKG merekam ketinggian gelombang di beberapa daerah, yaitu tide gauge wilayah Serang dengan ketinggian 0,9 meter pada 21.27 WIB, di Banten dengan ketinggian 0,35 meter tercatat pukul 21.33 WIB” menurut BMKG (12/22/2018).

Alat lainnya adalah bouy atau dikenal wavedroid. Alat ini mendeteksi gelombang secara realtime. Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan untuk mendeteksi tsunami ada sebuah alat yang dipasang di tengah laut. Alat tersebut bernama buoy tsunami. Fungsinya selain mendeteksi tsunami, juga sebagai alat deteksi gelombang laut saat sedang pasang.

“Sebanyak 22 Buoy Tsunami di seluruh perairan Indonesia sudah tidak beroperasi sejak 2012,” kata Sutopo di Jakarta, Rabu (26/12).

Menurut Sutopo, penyebab tidak berfungsinya alat pendeteksi tersebut dikarenakan adanya aksi vandalisme yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab. Selain itu, juga karena faktor biaya pemeliharaan buoy tsunami yang jumlahnya terbatas.

sumber:

www.twitter.com/infoBMKG

www.nasional.kompas.com/read/2018/12/24/15412991/-tegaskan-tsunami-selat-sunda-dampak-dari-erupsi-gunung-anak-krakatau

www.beritasatu.com/nasional/529191-bmkg-tsunami-banten-akibat-fenomena-alam-ganda.html

www.alinea.id/nasional/bnpb-akui-alat-deteksi-tsunami-di-selat-sunda-lama-tak-berfungsi-b1UBM9gpN

www.regional.kompas.com/read/2018/12/26/12210621/longsoran-yang-sebabkan-tsunami-selat-sunda-seluas-64-hektar

www.youtube.com/watch?v=6ZaBLzfTF3Q

www.youtube.com/watch?v=9OpKC9sfSBg

penulis dan penyunting :

Muhammad Naufal Nurrahman (Angkatan19)

Leave a Reply

Close Menu