Sejarah Singkat Patroli Keamanan Sekolah

Sejarah
PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah merupakan salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui disekolah. Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah di dalam menjaga ketertiban dan keamanannnya, maka para pelajar mewujudkan hal tersebut ke dalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkoodinasiannya. Pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah. Pada saat itulah ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.

Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi Keamanan Sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Soedjarwo. Di mana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanya sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan bidang kelalulintasan, di mana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan Tugas, Fungsi, dan Peranan PKS

Tugas dan fungsi PKS
Membantu tugas Patroli dalam menyelenggarakan pengaturan Lalu Lintas di jalan raya/umum disekitar lingkungan sekolah, terutama dalam membantu penyebrangan jalan terhadap pejalan kaki khususnya para pelajar pada waktu akan masuk dan tutup sekolah.Ikut serta secara aktif membantu tugas Polisi dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban dilingkungan intern sekolah, sehingga terwujud ketentraman dan keharmonisan antar siswa-siswi dan guru pengajar guna mendukung proses belajar mengajar.

Peran PKS
Diwajibkan para siswa/pelajar agar memahami peraturan dasar seperti rambu lalulintas, Pengaturan lalulintas pengendara motor dan mobil,mengatur penyebrangan jalan di wilayah sekolah serta disiplin dan sopan santun dalam lalu lintas.

Letkol Anton Soedjarwo

Captured by Tempo

 

sumber : wiki

Leave a Reply

Close Menu